Sabtu, 29 Mei 2010

MATERI AJAR GEJALA ALAM DAN TATA SURYA.

MATERI AJAR GEJALA ALAM DAN TATA SURYA.
Kesulitan para guru untuk mengajarkan materi secara efektif dan menarik adalah kesulitan menemukan alat peraga yang ideal. Akibatnya, jika alat peraga kurang sesuai atau tidak ada hasil instruktusional kurang optimal. Parahnya hal ini tidak dijadikan refleksi guru dalam mengajar. Kebanyakan guru bahkan mengajar tanpa persiapan sama sekali. Jadi guru juga ikut bertanggung jawab jika ada anak didiknya tidak lulus ujian nasional.
Rasa penyesalan juga dirasakan oleh siswa. Saya menemukan beberapa kasus yang saya alami sendiri dan juga rekan- rekan saya. Kebanyakan kami merasa kuper tentang materi karena dasar pengetahuan kurang ditanamkan secara maksimal oleh guru SD. Teman saya A merasa menyesal saat mengikuti lomba murid teladan, dari 25 soal dia hanya paham 5 soal dan yang lainnya god willing. Begitu juga teman saya B, saat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi ia hanya menatap soal. Menurut mereka, guru mereka belum pernah mengajarkan materi – materi tersebut.
Memang, kesalahan mendasar yang dilakukan oleh kebanyakan guru saat ini adalah formalitas dalam mengajar dan tidak berusaha melakukan SWOT persiapan secara matang. Akhirnya mereka hanya mengajar secara verbalitas. Anak – anak tidak tertarik dan akhirnya bercerita sendiri atau melamunkan ingatannya dirumah. Seharusnya sebagai guru kita harus malu dan sudah memulai meninggalkannya.
Lalu, bagaimana cara kita mencari solusinya ? Ya tentu dengan membuat alat peraga atau meminjam alat peraga. Setiap guru adalh kolega bagi yang lain. Tidak ada persaingan dan harus saling membantu. Oleh karena itu saya mencoba untuk berbagi sedikit tentang alat peraga dan materi IPA tata surya kelas 6. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo